Search

Komisi II DPRD Sawahlunto Tinjau dan Bantu Kelompok Budidaya Ikan Nila Sisiak Wangi - Harianhaluan.com

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Keseriusan dan semangat para pamuda Mudik Air Kelurahan Kubang Sirakuk Utara Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto dalam budidaya ikan Nila yang tergabung dalam kelompok Sisiak Wangi, menjadi semangat pula bagi Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk membantunya.

"Melihat semangat pemuda untuk maju ini membuat kami terpanggil untuk membantunya. Usaha-usaha yang muncul dari masyarakat seperti inilah yang harus kita bina dan diberi semangat," ujar anggota Komisi II DPRD Sawahlunto, Jhon Reflita saat meninjau pembudidaya ikan nila yang tergabung dalam kelompok Sisiak Wangi di Mudiak Air, kemarin.

Seharusnya sebut Jhon Reflita, pemerintah daerah melalui OPD terkait harus merespon cepat seiring dengan tumbuhnya semangat masyarakat khususnya pemuda dalam membangun Sawahlunto. OPD terkait, harus turun untuk melakukan pembinaan maupun menfasilitasi, sehingga usaha yang dibuat para pemuda itu bisa sukses dan berhasil.

"10 orang pemuda yang berinisiatif untuk beternak ikan nila menggunakan wadah terpal ataupun keramba memanfaatkan potensi aliran air sungai di wilayahnya, tentu harus kita apresiasi. Kita bantu tidak saja kelengkapan beternak tetapi juga bantuan dalam bentuk lainnya, seperti inovasi olahan Ikan nila sehingga bernilai jual tinggi," tuturnya.

Didampingi anggota Komisi II lainnya, Syafwan Effendi dan Adepron, juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp8 juta untuk kebutuhan membeli blowwer atau kipas pembuat gelembung udara dalam air yang sangat dibutuhkan dalam beternak ikan.

Menurut Jhon Reflita, selain langsung jual, ikan Nila sebenarnya juga bisa diolah menjadi komoditi lainnya, yakni Nila Presto sama halnya dengan Banden Presto yang telah lebih dahulu hits.

"Ini yang akan kita coba kembangkan, sehingga komoditi hasil masyarakat khususnya, ikan Nila bisa lebih bernilai jual dan juga kompetitif di pasaran. Kita akan bantu melalui pelatihan, baik pelatihan budidaya ikan Nila maupun untuk olah ikan Nila Presto," ujarnya.

Kedepannya, jika kualitas peternak Nila meningkat serta olahan Nila presto bisa berjalan dengan baik, maka nilai jual dari usaha peternak ikan ini semakin baik pula, sehingga secata otomatis akan terjadi peningkatan inkam atau penghasilan dari peternal itu sendiri.

Sementara Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Jaswandi juga sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Komisi II untuk melakukan pembinaan sekaligus memberikan bantuan kepada usaha yang timbul dari masyarakat tersebut.

"Kami juga berencana membuat kelompok tani peternak ikan keramba. Kita akan bina masyarakat yang ingin beternak ikan keramba, dan kita akan bantu pembiayaannya terlebih dahulu sampai panen atau sukses," ujarnya. (*)

Let's block ads! (Why?)



"wangi" - Google Berita
February 26, 2020 at 06:19AM
https://ift.tt/3a4gu2t

Komisi II DPRD Sawahlunto Tinjau dan Bantu Kelompok Budidaya Ikan Nila Sisiak Wangi - Harianhaluan.com
"wangi" - Google Berita
https://ift.tt/2q1VN5y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komisi II DPRD Sawahlunto Tinjau dan Bantu Kelompok Budidaya Ikan Nila Sisiak Wangi - Harianhaluan.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.