Search

Atasi Longsor Bantaran Sungai Citarum, Forkopimda Jabar Tanam Akar Wangi - ayobandung.com

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopminda) Jawa Barat melakukan penanaman vetiver atau akar wangi di Bantaran Sungai Citarum, Jumat (31/1/2020). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penanaman tanaman vetiver merupakan upaya rehabilitasi lingkungan terutama di daerah rawan pergerakan tanah.

"Sambil fun bike, kami menanam tanaman yang bisa menahan longsor, bernama vetiver atau dikenal oleh masyarakat sebagai akar wangi," tutur Ridwan Kamil.

Tanaman tersebut dinilai efektif dalam menahan tanah, sehingga cocok ditanam di lahan yang miring. "Kalau sudah dewasa, akarnya bisa mencapai 5 meter, tidak akan bisa dicabut oleh 5 orang. Jadi cocok untuk keseimbangan tanah miring," paparnya.

AYO BACA : Jaga Kesehatan Tubuh dan Lingkungan ala Fun Bike Forkopminda Jabar

Untuk tahap awal, penanaman dilakukan di lahan-lahan miring bantaran Sungai Citarum. Penanaman pohon ini diharapkan bisa mengurangi sendimentasi yang diakibatkan oleh longsoran bantaran sungai atau tanggul.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, penanaman vetiver telah dilakukan oleh Satgas Citarum Harum di beberapa titik. "Bisa kita lihat, di sini telah ditanam vetiver. Umurnya sudah 1,5 tahun dan akarnya mencapai 3-5 meter. Kalau lebih tua bisa 8 meter," katanya.

Dengan demikian, kata Pangdam lahan rawan longsor di bantaran Sungai Citarum bisa teratasi. "(Akarnya) bisa menahan tanah," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)



"wangi" - Google Berita
January 31, 2020 at 09:36AM
https://ift.tt/2U6QOO9

Atasi Longsor Bantaran Sungai Citarum, Forkopimda Jabar Tanam Akar Wangi - ayobandung.com
"wangi" - Google Berita
https://ift.tt/2q1VN5y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Longsor Bantaran Sungai Citarum, Forkopimda Jabar Tanam Akar Wangi - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.