Search

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk! - POPBELA.com

Bukan hanya bisa membantu menyaring udara kotor di sekitar kita, tanaman juga bisa mempercantik ruangan dan membuatnya harum. Harumnya dari tanaman ini membuat rumah terasa segar dan fresh sehingga bikin mood kamu selalu bagus.

Tanaman apa saja yang cocok diletakan di dalam ruangan sekaligus membuat segar dan wangi? Simak daftarnya berikut ini ya.

1. Lavender

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!goodfon.com

Siapa yang nggak jatuh hati dengan bunga berwarna ungu ini? Ternyata, ada banyak manfaat menanam bunga lavender di rumah, lho! Di antaranya adalah meningkatkan kualitas tidur, bisa mengusir nyamuk dan memberi aroma yang menenangkan untuk rileksasi, ujar laman Simple Most.

Bunga lavender bisa ditanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Jika di luar ruangan, tanam lavender di tanah yang memiliki drainase baik dan terkena paparan sinar matahari penuh. Jika ditanam di dalam ruangan, kamu harus memastikan kalau lavender itu mendapat sinar matahari yang cukup dan simpan tanaman dalam suhu yang sejuk.

2. Geranium Beraroma Lemon

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!pinterest.com

Di antara semua jenis geranium, Pelargonium crispum alias geranium beraroma lemon adalah yang paling terkenal. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma jeruk lemon yang segar dan menenangkan, jelas laman Scent Geranium. Selain itu, aroma ini bisa mengusir nyamuk, lho! Multifungsi, kan?

FYI, yang beraroma lemon adalah daunnya, bukan bunganya, ya! Tanaman ini bisa tumbuh hingga tinggi 7 meter dan bunganya akan mekar antara bulan Agustus ke April. Menariknya lagi, daun dan tunas mudanya bisa dimanfaatkan sebagai minyak esensial.

3. Melati Merah Muda

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!flowerpower.com.au

Berbicara soal tanaman yang mengeluarkan aroma harum, tentu kita akan langsung terpikir dengan bunga melati. Namun, menurut laman Simple Most, bunga melati yang paling harum adalah Jasminum polyanthum alias melati merah muda. Umumnya, bunga ini akan mengeluarkan aroma yang manis di malam hari.

Bunga melati merah muda bisa tumbuh hingga tinggi 6 meter. Bisa ditanam di luar atau dalam ruangan, tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari langsung. Tanaman ini memerlukan air yang cukup banyak, terlebih saat sedang berbunga. Tanahnya disarankan agar selalu lembap.

4. Begonia Mawar

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!logees.com

Namanya begonia mawar (Begonia fibrous hybrid). Bunganya yang berwarna pink tidak hanya menyejukkan hati dan indah dipandang, tetapi juga mengeluarkan aroma yang harum dan menenangkan. Kamu bisa menanam bunga ini di tanah pekarangan maupun di pot kecil, lalu digantung di dekat jendela.

Begonia mawar memerlukan kelembapan yang tinggi dan sedikit sinar matahari. Namun, tanaman ini kurang cocok di tempat dengan cuaca dingin. Perubahan suhu yang mendadak bisa membuat daunnya berguguran. Di antara jenis begonia yang lain, yang memiliki aroma paling harum adalah begonia mawar.

5. Anggrek

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!whiteflowerfarm.com

Kita semua tahu bahwa anggrek adalah bunga yang cantik dan menjadi ikon nasional Indonesia. Beberapa jenis anggrek juga memiliki aroma yang lembut dan menenangkan.

Namun, banyak orang menganggap anggrek sebagai tanaman yang high maintenance. Sehingga, tidak banyak orang yang memelihara karena takut tidak bisa merawatnya dengan baik.

Anggapan itu tak sepenuhnya benar. Menurut laman Orchid Info, setidaknya kita perlu menempatkan anggrek di tempat yang terang tapi terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Apabila daun mulai menguning, itu tandanya anggrek terlalu banyak terkena sinar matahari. Selain itu, siram anggrek seminggu sekali dengan mencelupkan akar ke dalam ember berisi air.

6. Anyelir

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!anniesannuals.com

Tanaman lain yang bisa kamu tanam di rumah adalah anyelir (Dianthus caryophyllus). Bunganya tidak hanya cantik dan wangi, tetapi bisa hidup di lingkungan yang memiliki polusi udara. Menariknya lagi, kelopak bunganya memiliki aroma cengkeh yang kuat dan bisa dimakan, umumnya dipakai sebagai campuran di salad.

Bukan hanya itu, bunganya juga bisa dipakai sebagai pengganti kelopak mawar untuk pembuatan sirup. Tanaman ini bisa tumbuh hingga tinggi 46 cm dan cocok ditanam di bawah sinar matahari langsung. Pastikan tanahnya selalu lembap dan disiram rutin setiap hari.

7. Mandevilla

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!arthropodafotos.de

Terakhir, kamu bisa menanam bunga mandevilla di pekarangan rumahmu. Tanaman yang dikenal dengan nama lain rock trumpet ini memiliki aroma yang harum. Namun, aroma ini justru disukai oleh serangga dan menarik hama. Sebagian serangga membantu untuk mentransfer serbuk sari, tetapi ada yang merusak tanaman.

Cara perawatannya cukup mudah, yakni sirami tanaman ketika tanah mulai mengering. Namun, jangan berlebihan dalam menyiram, karena bisa menyebabkan pembusukan pada akar. Apabila hendak menanam di dalam ruangan, pastikan terkena sinar matahari langsung.

Nah, itulah 7 tanaman dengan aroma yang paling memikat dan harum. Ada rencana, hendak menanam yang mana?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "7 Tanaman dengan Aroma Paling Memikat dan Harum, Tanam di Rumah yuk!"

Baca Juga: Kreatif! Ini 7 Inspirasi Taman Mungil untuk Rumah Minimalis

Let's block ads! (Why?)



"wangi" - Google Berita
March 29, 2020 at 01:28PM
https://ift.tt/3ar63XB

Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk! - POPBELA.com
"wangi" - Google Berita
https://ift.tt/2q1VN5y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk! - POPBELA.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.